Wisata Alam kebun teh bah butong Sidamanik

Wisata Alam kebun teh bah butong Sidamanik-Wisata kebun teh sidamanik merupakan milik sebuah perusahaan yaitu PTPV IV yang memiliki nama asli bah butong tetapi karena lokasiny berada di kecamatan sidamik kebanyakan orang-orang menyebutnya sebagai kebun teh sidamanik. 

Dari berbagai sumber yang saya dapat terdapat 3 kubun teh yang ada di sidamanik, beberapa di antaranya yaitu : kebun teh Bah Butong, kebun teh Tobasari dan kebun teh Sidamanik. hal ini di karenakan adanya pemetaan di mana ketiga lokasi ini berada pada kecamatan yang sama.

Dua diantaranya yaitu kebun teh Bah Butong dan Tobasari berlokasi di kecamatan Sidamanik, sedangkan kebun teh Sidamanik berlokasi pada kecamatan Pematang Sidamanik. berikut ini adalah lokasi kebun teh bah butong.


Peta Lokasi : Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, destinasi ini lokasinya berada di wilayah perkebunan PTPN IV Bah Butong, Sidamanik dan Tobasari, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Sumatera Utara

loaksi kebun teh ini berjarak 26 kilometer jika anda dari  kota Pematang Siantar. Tetapi jika Anda memulai perjalanan dari kota Medan akan harus menempuh jarak 155 km untuk sampai dilokasinya. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena medan yang akan di lalui cukup memadahi sehingga mudah untuk melaluinya.

Tetapi, perlu juga untuk memperhatikan jalan alternatif. Biasanya jika anda pendatang baru dan bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi kebun teh, maka mereka akan memberikan pilihan jalan alternatif yang akan menghemat waktu perjalanan. tetapi jika  dari medan yang ada akan lebih sulit dilalui oleh kendaraan pribadi, terutama mobil.

jika Anda ingin berpergian memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, periksa kondisi kendaraan anda sebelum berangkat agar tidak ada masalah teknis dan perjalanan bisa berjalan dengan lancar dan tak ada masalah.

Pesona Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong
Hamparan kebun teh yang berwana hijau akan memberikan sebuah kesan yang tenang dan damai bagi para pengunjungnya. Udara pada lokasi kebun teh ini juga sangat sejuk karena berada pada dataran tinggi Pematang Siantar, Simalungun yang berada pada 890 m di atas permukaan laut.
Anda bebas untuk berfoto dan berjalan-jalan mengelilingi indahnya kebun teh untuk melepas kepenatan sejenak dari hiruk pikuk kehidupan yang ada di kota.

gambar : kebun teh sidamanik

gambar : kebun teh sidamanik

gambar : kebun teh sidamanik

Fasilitas Kebun Teh Bah Butong

Fasilitas umum yang di tawarkan menurut saya cukup memadahi. Mulai dari tempat ibadah atau mushollah, kamar mandi serta tempat parkir kendaraan. Biasanya untuk memparkirkan kendaraan Anda dikenakan tarif antara 5000 hingga 10.000 rupiah, tergantung pada jenis kendaraan yang di parkirkan.

Setelah selesai berkeliling di kebun dan jika masih memiliki waktu yang cukup, anda juga bisa bermain ke lokasi wisata alam lainnya karana berada pada satu wilayah dengan kebun teh Sidamanik, yaitu air terjun Bah Biak. Anda bisa berkunjung ke air terjun Bah Biak juga merupakan wisata andalan bagi penduduk Sumatera Utara. Anda bisa membaca selengkapnya tentang air terjun bah biak DISINI

sekian dari saya tentang wisata alam kebun teh sidamanik semoga bermafaat dan dapat membantu dalam menentukan destinasi wisata anda. Terimakasih......